Monday, November 9, 2015

Tips Lolos Ujian HSK

Tips Tes HSK


Saya baru saja mengikuti tes HSK level 6 pada 18 Oktober lalu, sekaligus menjadi pengawas resmi ujian yang diadakan pada tanggal 17-18 Oktober 2015 lalu di Purwokerto, dan disini saya bagikan sedikit pengalaman saya dalam mempersiapkan maupun mengikuti ujian tersebut. Syarat untuk bisa masuk perguruan tinggi di China ada yang mengharuskan anda lolos HSK 4, ada pula yang menuntut anda lolos HSK 5, tergantung jurusan yang anda minati. Tetapi untuk menguji kemampuan penulis tidak ada salahnya mencoba level tertinggi, yaitu HSK 6.


Cara mengetahui lokasi dan jadwal ujian HSK


Pertama-tama hal penting perlu anda ketahui adalah kapan dan dimana anda akan mengikuti ujian ini dan kapan waktu terakhir pendaftarannnya. Apabila kota dimana anda tinggal kebetulan merupakan kota penyelenggara ujian ini, mungkin anda sudah mendapatkan informasi ini dari guru anda atau teman anda, tetapi bagi anda yang tinggal di kota kecil yang tidak mengadakan ujian ini, anda juga bisa mendapatkan informasi ini dari situs resmi HSK yaitu http://www.chinesetest.cn/index.do . Dari pengalaman saya, pendaftaran paper-based test akan ditutup 1 bulan sebelum tanggal pelaksanaan ujian, namun panitia ujian lokal biasanya akan menutup lebih awal, sekitar 40 hari sebelum tanggal ujian. Ujian pendaftaran computer-based test waktunya lebih longgar, kira-kira sampai 20 hari sebelum tanggal ujian. Untuk mengetahui lebih detail tentang info ini, anda bisa menghubungi panitia penyelenggara ujian setempat.

Setelah anda klik tautan di atas, di halaman bagian atas terdapat bagian Registration, klik tautan Check Test Schedule di bawah link icon HSK, setelah itu anda akan dibawa ke halaman yang memberikan info tentang jadwal ujian setahun dari bulan Januari sd Desember, kapan waktu pendaftaran terakhir, dan kapan hasil test akan diketahui, baik ujian paper-based maupun computer-based. Tetapi untuk mengetahui jadwal di kota anda mengikuti ujian, scroll ke bawah, temukan bagian Search Test Center, pilih: Continent, Country/ Area, Test Type, Test Subjects ( level berapa ) dan terakhir bulan yang anda inginkan. Berikut contoh dari hasil pencarian saya:


tips lulus ujian standar bahasa mandarin
  

Anda harus menyadari bahwa mempersiapkan untuk tes HSK berbeda dari belajar bahasa Mandarin pada umumnya, karena Anda harus belajar tentang bahasa komunikasi praktis sehari-hari. Selain itu saya melihat dari kecenderungan soal-soal tes terbaru sudah mengurangi derajat kesulitan dengan mengurangi penggunaan unsur idiom(惯用语)& saying (谚语), jadi bersyukurlah bagi anda yang sekarang akan mengambil tes New HSK. Jadi jika Anda sedang mempersiapkan untuk ujian, berlatihlah dengan mengerjakan soal-soal tes tahun sebelumnya sebanyak mungkin dan menghentikan pola belajar Mandarin Anda sebelumnya.

Pastikan untuk memilih tingkat yang tepat, karena tingkatan tertentu memiliki persyaratan tertentu. Tingkat I dan II hanya menguji kemampuan mendengarkan dan membaca, menulis tidak diperkenalkan sampai tingkat III. Tingkat IV lebih menantang, terutama di bagian menulis dimana peserta tes diwajibkan untuk menulis kalimat dengan kata kunci sesuai dengan gambar yang muncul di lembar soal.
Untuk masuk kuliah ke universitas di China biasanya membutuhkan HSK tingkat IV atau lebih tinggi. HSK VI kadang-kadang dapat digunakan sebagai kualifikasi untuk penterjemah atau pekerjaan khusus/tertentu. Jadi sebelum Anda meluangkan waktu dan energi mempersiapkan ujian HSK, pastikan bahwa Anda memilih macam tes dan tingkatan yang sesuai dengan tujuan Anda.
 
tips ujian HSK

Tips HSK Listening

 
Bagian mendengarkan adalah bagian yang cukup sulit dari tes kareana anda harus menyesuaikan dengan tingkat kecepatan berbicara seorang native. Untuk level 4 ke atas Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk mendengarkan apa yang dikatakan. Berusahalah untuk berkonsentrasi tapi santai mendengarkan dan tetap fokus meskipun ada bagian atau kata tertentu yang tidak anda mengerti. Bacalah pertanyaan soal terlebih dulu dalam hati untuk membantu anda memahami bagian terkait yang anda dengarkan. Jangan membuang-buang waktu hanya untuk memadatkan isi arsiran pilihan jawaban anda, sebab setelah selesai membaca listening script, anda masih mempunyai waktu sisa 5 menit untuk menyempurnakan arsiran anda. Jadi gunakan waktu semaksimal mungkin untuk berkonsentrsi mendengarkan. Asalkan anda menangkap kalimat kunci yang berhubungan dengan pertanyaan soal, anda sudah bisa menjawab dengan benar. Jadi anda tidak perlu menuntut untuk mengerti semua kata-kata atau kalimat yang diucapkan, karena di dalam sebuah soal listening terkadang justru ditambahkan kalimat yang sifatnya hanya unsur tambahan dan menjadi pengganggu konsentrasi anda. Di saat ada jeda antar soal, setelah anda selesai menjawab soal sebelumnya, anda sebaiknya menggunakan waktu beberapa detik tersebut untuk melihat atau membaca soal atau pilihan jawaban yang ada, sehingga anda bisa lebih siap untuk memilih jawaban yang tepat.



Tips HSK Reading

 
Jika Anda mengambil tes HSK baru tingkat 1 sampai 4, tes membaca pada dasarnya menguji kosakata Anda, tidak secara khusus menguji keterampilan membaca, sehingga menghafal semua kosakata untuk tingkat pengujian yang anda ambil adalah suatu keharusan, karena makin banyak kosakata anda akan meningkatkan keterampilan anda dalam membaca dan memahami isi artikel . Kebanyakan orang gagal dalam bagian ini hanya karena mereka tidak menguasai kosakata tingkat tes mereka. Kelemahan dalam mengenal kosa kata dan tata bahasa akan membuat kecepatan membaca Anda menurun dan dengan cara meningkatkan dua keterampilan ini pasti akan meningkatkan kecepatan membaca anda. Kemampuan membaca dengan cepat memberi anda peluang untuk mengerjakan ujian dengan lebih baik. Kadang ada soal yang mengandung kosa kata di luar list perbendaharaan level yang anda ambil, dan anda hanya bisa memperkirakan arti dari kata tersebut. Meski demikian, tidak perlu membaca teks bacaan secara detail, ada baiknya anda membaca pertanyaan terlebih dulu kemudian mencari jawabannya dalam teks terkait. Bagian Reading terutama mulai level 4, tidak terlepas dari pemahaman tentang grammar, terutama pada bagian menyusun 3 kalimat menjadi 1 paragraf.

 

Tips HSK Writing


Pada level 3, anda dituntut menuliskan satu karakter hanzi yang dituliskan sebagai pinyin dalam sebuah kalimat. Pada level 4, anda dituntut untuk menuliskan kalimat sesuai dengan kata kunci yang diberikan di samping gambar. Pada level 5, anda diharuskan membuat artikel pendek sebanyak 80 karakter dari kata-kata yang sudah ditentukan, dan juga menuliskan artikel pendek 80 karakter sesuai permintaan gambar. Belakangan sudah ada ujian online yang mempermudah peserta dengan cara mengetik dengan komputer, tapi tak ada salahnya anda tetap mengikuti ujian paper-based, karena keahlian menulis sewaktu-waktu tetap dibutuhkan. Bagian writing adalah bagian yang paling banyak menggunakan kaidah grammar, baik saat anda menyusun kata menjadi kalimat atau membuat kalimat/ artikel anda sendiri. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda baca dalam kalimat kalau anda ingin mendapatkan nilai yang lebih tinggi, demikian juga penggunaan kata hubung yang tepat akan membantu nilai anda.


Berikut beberapa tips untuk menunjang persiapan tes HSK


Tips bagian kosakata:

Belajar kosakata sangat penting bagi anda untuk lulus ujian, sehingga Anda harus tahu cara yang tepat untuk menghafalnya termasuk jenis kata, makna, pengucapan dan nada. Dapatkan daftar kosakata untuk tingkat ujian anda dan cobalah untuk tidak tergantung pada pinyin dan mulai belajar menulis karakter. Tidak ada jalan pintas selain banyak berlatih menulis. Setelah menyingkirkan pinyin, kecepatan membaca Anda lambat laun akan meningkat, dan Anda akan dapat menulis karakter dengan baik dan akurat.

Tips bagian Grammar:

Anda bisa mempelajari grammar per level dari buku bimbingan yang anda pakai, juga bisa mempelajari bahan online seperti HSK grammar points by level
 

Pastikan Anda tahu bagaimana mempersiapkan setiap bagian dengan baik dan saya berharap Anda bisa lulus dengan memuaskan dalam level ujian yang anda ambil. Sebaiknya anda memakai jam tangan saat ujian untuk dapat mengontrol waktu lebih baik dan siapkan beberapa pensil 2B cadangan. Merk berbeda dengan tingkat kehitaman yang sama (2B) akan menghasilkan warna hitam yang berbeda. Pilihlah merk pensil dengan tingkat konsentrasi yang lebih pekat.

Demikian trik atau strategi dalam mengikuti ujian HSK yang bisa saya share kan kepada kalian. Semoga bisa membantu! 


Kursus HSK Online

 
Bagi yang memerlukan bimbingan privat baik ke tempat kursus kami maupun kursus online silakan menghubungi saya di 081805051370 (WA)
untuk hasil yang terbaik dalam tes anda yang pertama.

Tips Mendapatkan Nilai Tinggi pada HSK4

Sukses HSK 3 dalam 36 hari

No comments:

Post a Comment