Sunday, November 15, 2015

7 macam kalimat tanya dalam Mandarin

Kalimat tanya dalam Bahasa Mandarin

Bagaimana kabar kalian belajar Mandarin? Di sini saya akan membantu kalian agar lebih mudah mempelajarinya, OK? Dalam posting kali ini kita akan belajar ragam kalimat tanya dalam Bahasa Mandarin, langsung saja kita bahas satu per satu.

Cara membentuk kalimat tanya Mandarin

Dengan partikel tanya ma

Yang pertama adalah tipe kalimat tanya menggunakan partikel tanya “吗” yang artinya apakah dengan intonasi naik. Tipe kalimat tanya ini sangatlah mudah, karena urutan katanya persis sama dengan kalimat pernyataan, kita hanya menambahkan partikel tanya "ma" di akhir kalimat.
    你是中国人
    Nǐ shì Zhōngguó rén ma?     Apakah kamu adalah orang China?

Dengan kata ganti tanya

Yang kedua adalah tipe kalimat tanya dengan menggunakan kata ganti tanya. Urutan katanya masih sama dengan kalimat pernyataan, kita hanya meletakkan kata ganti tanya di posisi jawaban atas kalimat pertanyaan tersebut. Nada kalimat tanya tipe ini adalah menurun.
   敲门?
    Shuí qiáo mén?     Siapa mengetuk pintu?

Dengan membentuk pola positif dan negatif

 Macam kalimat tanya yang ketiga adalah kalimat tanya positif negatif dengan nada naik. Pendengar diharapkan untuk mengkonfirmasi atau menyangkal apa yang ditanya.
    你学习不学习汉语?
    Nǐ xuéxí bù xuéxí Hànyǔ?     Kamu belajar tidak belajar Mandarin?

Memakai kata haishi


Tipe kalimat tanya yang keempat adalah pertanyaan dengan menggunakan kata “还是”,yang artinya adalah "atau", diucapkan dengan nada naik.
    他是教师还是学生?
    Tā shì jiàoshī háishi xuésheng?     Dia guru ataukah murid?

Menggunakan kata shibushi

Yang kelima adalah tipe kalimat tanya dengan menggunakan kata “是不是” , yang artinya juga apakah. Sebenarnya tipe kalimat tanya ini hampir sama dengan tipe yang pertama, yang menggunakan partikel tanya “吗”, bedanya hanyalah kata “是不是” lebih fleksibel, tidak harus diletakkan pada akhir kalimat. Kalimat tanya ini diucapkan dengan nada naik.
   你是不是爱她?
   Nǐ shìbushì ài tā?       Apakah kamu mencintainya?

Dengan partikel ne

Tipe kalimat tanya dengan menggunakan partikel tanya “呢”. Kalimat tanya ini mempunyai ciri yang pendek, utamanya menanyakan dimana atau bagaimana seseorang atau sesuatu. Kalimat tanya ini juga digunakan untuk mengulangi pertanyaan yang sama dari lawan bicara, untuk menyingkat perkataan yang sama dengan "ne", ditanyakan dengan nada naik.
   老师呢?
    Lǎoshī ne?       Dimana guru?

Dengan kata tanya duo

Yang terakhir adalah macam kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya “多”, yang artinya berapa, diikuti dengan kata sifat, ditanyakan dengan nada naik.
   你大?
   Nǐ duō dà?     Kamu berapa besar? ( Usia kamu berapa?)


Bagi yang ingin kursus mandarin online, silakan add skype saya: boling.lin atau WA: 081805051370

No comments:

Post a Comment