Monday, November 9, 2015

Bagaimana cara mengingat 4 nada huruf mandarin

4 nada dalam mandarin


Salah satu kesulitan dalam belajar Bhs. Mandarin adalah menghafalkan nada, yang sekaligus menentukan arti dari sebuah huruf Mandarin.Sebagaimana kita tahu dalam Bahasa Mandarin, umumnya ada empat nada untuk setiap ucapan .Untuk membantu mengingat menghafal nada tersebut ada beberapa cara:


 Cara menghafal nada dalam Bahasa Mandarin

1. Sewaktu melafalkan sebuah huruf mandarin tersebut, anda dapat menggunakan bantuan lengan anda untuk meyakinkan nada huruf Mandarin tersebut. Menggerakkan lengan kanan anda dengan datar berarti anda melafalkan huruf tersebut dengan nada 1, menggerakkan lengan kanan anda dengan gerakan miring ke atas berarti anda mengucapkan huruf tersebut dengan nada kedua, dst.

2. Cara kedua adalah membiasakan mengetik huruf Mandarin dengan komputer secara manual, apapun softwarenya, baik bawaan Microsoft Windows ataupun yang third party, semisal Sougou dsb.. Mengetik huruf mandarin bisa diset manual ( perlu menginputkan angka nada ) atau secara otomatis ( tanpa menginputkan angka nada ). Saran saya bagi pemula lebih baik mengesetnya secara manual, karena sewaktu anda mengetikkan sebuah huruf dengan cara melengkapinya dengan menekan angka 1 untuk nada 1, menekan 2untuk nada 2 dst, secara manual, setelah beberapa waktu, anda akan hafal huruf yang anda ketikkan tersebut bernada ke berapa. Kalau anda selalu mengetik tanpa menginputkan nada ke berapa, anda akan kehilangan kesempatan untuk mengingat nada huruf tersebut.

3.  Dengan cara mengumpulkan pinyin/syllable yang sama, tapi berbeda nada, semisal:

xie1 = beberapa
(些)

xie2 = sepatu
     (鞋)

xie3 = menulis
  (写)

xie4 = terima kasih
(谢)

Dengan menerapkan cara di atas, kiranya bisa membantu  anda untuk mengingat nada se
mua huruf mandarin. Semoga membantu.
Kami siap membantu meningkatkan kemampuan bahasa mandarin anda di Mandarin Corner Purwokerto

No comments:

Post a Comment