Friday, March 30, 2018

Sukses HSK 3 dalam 36 hari


Sukses HSK 3 dalam 36x pertemuan

 

Dalam posting yang lain saya pernah mengatakan Anda bisa mempelajari Bahasa Mandarin secepat yang anda inginkan. Hal ini benar-benar dibuktikan oleh seorang siswi sekolah menengah atas swasta di Purwokerto yang di sekolah biasanya hanya belajar Mandarin seminggu sekali. Siswi yang tidak ingin disebut namanya ini mengambil kursus HSK 3 di tempat kami mulai pada akhir bulan Desember 2017 lalu dan pada tanggal 25 Maret 2018 lalu telah mengikuti ujian HSK 3. Dia mengambil kursus hanya pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu selama 3 bulan, 90 menit per sesinya . Kalau ditotal jumlah harinya hanya 36 hari. Dan saya yakin dia akan lulus dengan skor yang tinggi. Akan saya umumkan nilainya dalam waktu sebulan mendatang.

Berikut adalah update hasil dari tes tersebut:


 Kursus Singkat HSK 3


Listening Score: 90
Reading Score: 100
Writing Score: 74
Total Score 264 dari nilai maksimal 300 ( sudah cukup bagus bukan? )
Siswi tersebut akan mengikuti HSK 4 pada bulan Oktober 2018. 
Nantikan update nilai HSK 4 pada bulan Nopember mendatang.

 

Tentang HSK Level 3


Mungkin teman-teman kurang paham dengan kemampuan seseorang yang telah mencapai level HSK 3 atau C1 dalam CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages). Mereka telah mampu untuk:
1. Memahami poin-poin utama tentang hal-hal yang biasa ditemui di tempat kerja, sekolah, rekreasi, dll.
2. Berurusan dengan sebagian besar situasi yang mungkin timbul saat bepergian di daerah di mana bahasa Mandarin diucapkan.
3. Mampu menghasilkan teks sederhana yang terhubung  dengan topik yang tidak asing baginya atau kepentingan pribadi.
4. Menjelaskan pengalaman dan peristiwa; impian, harapan, dan ambisi dan secara singkat memberikan alasan dan penjelasan tentang pendapat dan rencananya. 



Untuk Siapa HSK 3 ini?


Menurut penjelasan dari situs resminya (www.chinesetest.cn), HSK Level 3 diperuntukkan bagi siswa yang telah belajar bahasa Tionghoa selama tiga semester (satu setengah tahun akademik), dengan jumlah jam pelajaran 2-3 jam per minggu. Jumlah kata yang harus dikuasai siswa adalah sekitar 600 buah, dan siswa juga diharapkan menguasai pola-pola tata bahasa dasar yang berkaitan. Meskipun umumnya baru diikuti oleh mereka yang telah menempuh satu setengah tahun akademik, namun tidak ada yang mustahil bagi para siswa Mandarin Corner Purwokerto. Yang anda butuhkan hanya keuletan dan ketekunan untuk melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan. Bahkan tidak mustahil kalau anda berniat memecahkan rekor yang lebih cepat lagi, semua kendali ada di tangan anda. Dengan kemajuan teknologi, anda belajar tidak hanya pada waktu bersama guru, anda sendirilah yang berperan menentukan kecepatan pembelajaran anda.


 

Mengapa anda bisa lolos HSK 3 hanya dalam hitungan hari?

 

Bimbingan Tes HSK 3


Di sini anda dibimbing oleh lulusan Taiwan yang telah berpengalaman 20 tahun lebih mengajar Mandarin, mulai dari kalangan TKW sampai pada kalangan profesional. Guru menguasai 3 bahasa sekaligus: Indonesia, Mandarin dan Inggris; bukan oleh native yang pada umumnya hanya menahami bahasanya sendiri ( Mandarin ), yang menyebabkan banyak miskomunikasi dengan para peserta didiknya, sehingga anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menguasai Bahasa Mandarin.
Meskipun saya bukan native speaker, namun telah mempunyai aksen yang  bagus, bahkan lebih bagus dari para native yang bahasa ibunya bukan Beijing dialect ( contoh: dialek Kanton, Hokkian dsb ). Jangan beranggapan kalau native pasti mempunyai aksen yang bagus, tergantung juga dari provinsi mana dia berasal.  Selama sepuluh tahun lebih saya menjadi penterjemah, sering kesulitan memahami penutur native chinese yang punya logat yang aneh yang dipengaruhi bahasa daerahnya. Pengalaman yang saya peroleh selama mengajar di sekolah Internasional, kami justru unggul dalam beberapa aspek dalam mengajar yang membuat sistem pembelajaran kami begitu cepat:


1. Kami mementingkan nada dalam pelafalan. Apalah artinya belajar Mandarin tanpa mempelajari intonasi, sehingga lawan bicara native akan kesulitan memahami maksud kita, karena pada dasarnya Bahasa mandarin mempunyai empat nada yang membedakan arti. Hanya dengan mengucapkan nada yang benar, anda lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan lebih mudah dipahami oleh lawan bicara. Kalau anda mengikuti lomba Mandarin semisal Chinese Bridge dengan nada yang amburadul, sudah pasti anda tidak akan menang. Saya melihat para guru native pun segan menuntut nada yang benar dari ucapan para muridnya dalam mengajar karena dia sendiri merasa ucapannya belum tentu standar sesuai kamus, hal yang ironis sekali, bukan? Hal ini tidak seharusnya dilakukan, dan menurut saya adalah kesalahan yang fatal dalam mengajar. Berapa banyak guru native yang didatangkan dari Beijing ( nota bene mempunyai pronunciation and tones yang paling baku ) di sekolah anda? Jarang sekali bukan, mungkin terlalu mahal untuk dipekerjakan kali ya :)


2. Kami melihat banyak siswa di sekolah meskipun telah belajar Mandarin bertahun-tahun, masih bingung dengan ejaan pinyin ( ejaan yang digunakan untuk melafalkan karakter Hanzi ). Mereka lebih suka meminta saya untuk melafalkan bunyi Hanzi tersebut secara langsung daripada saya menuliskan ejaan pinyin nya, yang berarti mereka belum menguasai ejaan pinyin. Kalau mereka tidak paham ejaan ini, berarti mereka secara total bergantung pada pelafalan guru. Kalau guru melafalkannya salah, muridnya sudah pasti salah juga, sebab para murid tidak bisa mencek sendiri apakah ucapan sudah sesuai dengan pinyin nya. Bahkan tidak jarang pula guru pun tidak mampu melafalkan pinyin dengan benar. Kalau anda belajar kepada guru yang demikian, sia-sialah usaha anda!


3. Tidak seperti sekolah manapun atau tempat kursus umumnya, kami sangat mementingkan bagaimana cara menulis dengan urutan yang benar, arah yang benar, memperhatikan character structure dan ukuran porsi yang pas untuk masing-masing komponen sehingga terciptalah huruf yang indah dipandang; hal demikian biasanya diabaikan dan menjadi ketidaksukaan umum murid yang belajar Mandarin, sehingga murid akan selalu merasa karakter (Hanzi) sulit dipelajari. Lain halnya di tempat kami, murid akan begitu enjoy menulis Hanzi tanpa diminta sekalipun! Sebab kalau murid tidak suka menulis dipaksa menulis biasanya dia akan berhenti kursus, sebab dia akan merasa sia-sia menulis tanpa bisa mengingat dan mengetahui artinya. Hanya dengan menguasai cara menulis yang benar, anda akan mempelajari bahasa asing ini dalam waktu yang lebih singkat, huruf Mandarin/ Hanzi itu juga akan lebih terpatri dalam memori anda, sehingga anda juga mampu menuliskannya dengan lebih cepat dan penuh percaya diri sewaktu diperlukan. Jarang ada guru yang mampu membedakan dan mengenali nama-nama puluhan macam goresan dalam karakter Mandarin. Kalau guru tidak mementingkan aspek ini, jangan berharap anda bisa menulis dengan benar, apalagi karakter tradisional.
Foto berikut adalah contoh tulisan murid kami yang sukses menempuh HSK 3 dalam 36 hari. Dia mampu menulis dengan terampil tanpa harus ada contoh tulisan dari gurunya! Hebat bukan?





4. Demikian juga saat murid membaca atau berbicara dengan pelafalan ataupun intonasi yang salah, tak akan luput dari perhatian kami, khususnya dalam membaca kata-kata yang mengalami perubahan nada dan yang diakhiri dengan nada netral. Jarang ada guru yang menguasiai aspek ini dengan sempurna. Bersyukurlah anda apabila anda memiliki guru yang selalu cermat dalam mengoreksi ucapan maupun nada yang salah dari para siswanya, karena hal ini akan sangat membantu anda mengurangi miskomunikasi di negara tujuan! Bahkan mereka yang sudah lulus kuliah dari China pun masih sering mengucapkan dengan nada yang keliru, apakah anda tidak memandang penting memilih guru yang kompeten dalam hal mengoreksi pelafalan dan nada anda?


5. Umumnya para guru maupun buku pelajaran paling mengabaikan aspek grammar Mandarin. Kita tahu setiap bahasa asing mempunyai tata bahasanya masing-masing. Kalau aspek ini diabaikan, bagimana seorang murid dapat menyusun kalimat dengan benar, yang pada akhirnya akan membingungkan lawan bicara.



Menurut kami, tidak ada aspek yang tidak penting dalam mempelajari Bahasa Mandarin yang dianggap sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia ini. Justru karena sulit itulah anda harus mempunyai sistem yang menyeluruh dalam mempelajarinya. Mungkin mempelajari semua aspek tersebut secara bersamaan akan memberatkan anda di awal pembelajaran, namun seiring berjalannya waktu cara ini justru akan mempercepat langkah anda selanjutnya. Kemampuan berbahasa yang baik akan tercipta apabila anda mementingkan semua aspek: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dalam mempelajari sebuah bahasa. Itu semua hanya akan anda dapatkan di Mandarin Corner. Belajarlah Bahasa Mandarin dengan cara yang benar mulai dari awal, semua faktor tersebut akan saling bersinergi mendukung proses belajar anda, sehingga tidak heran apabila anda belajar dengan metode kami, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu yang seminimal mungkin. Awal yang salah, baik berguru pada guru yang tidak tepat maupun penggunaan materi / textbook yang tidak sesuai hanya akan membuat anda frustasi. Kalau sudah demikian, ucapan yang salah, cara menulis yang salah, dll sudah menjadi kebiasaan yang sulit diperbaiki di kemudian hari dan justru akan menghambat proses pembelajaran anda!  


Anda bisa sukses lolos HSK 3 mulai dari titik awal dalam hitungan hari, bukan dalam hitungan tahun. Dengan belajar di Mandarin Corner, anda tidak perlu sekolah di Sekolah Internasional ataupun SPK ( Satuan Pendidikan Kerjasama ) untuk meneruskan kuliah ke Taiwan atau pun China, karena anda bahkan bisa mengantongi sertifikat HSK 4 dalam hitungan bulan atau bahkan hari, anda sendirilah yang menentukan berapa lamanya.


Kelas Bimbingan HSK 3


Saya sangat menyarankan bagi murid pemula untuk langsung mengikuti kelas bimbingan HSK 3, tidak perlu mengambil tes HSK 1 maupun 2 apabila anda mengambil kursus di tempat kami. Tak berlebihan apabila saya berani mengatakan bahwa bimbingan persipan HSK 3 adalah investasi terkecil dengan hasil yang terbesar. Apalah gunanya anda belajar Bahasa Mandarin sekian tahun tanpa mempunyai sertifikat yang menunjukkan kemampuan anda? Investasi anda juga tidak akan sia-sia, karena sertifikat internasional ini diakui di seluruh dunia, sehingga memberi anda nilai lebih terutama dalam mencari pekerjaan di jaman sekarang.

Bagi anda yang berhasil memperoleh sertifikat HSK 3 dengan score 240 atau lebih, untuk mencapai level berikutnya HSK 4, anda tinggal melanjutkan kursus selama 36x pertemuan lagi di tempat kami, untuk mencapai impian anda berkuliah di China atau Taiwan. Jadi total waktu yang dibutuhkan untuk mencapai HSK 4 dari nol hanya butuh setengan tahun! Bahkan lebih cepat daripada mengikuti kelas bahasa pra university di negara tujuan.

Dengan mengambil kursus di tempat kami, pastinya anda akan menghemat biaya yang sangat besar, apalagi kalau dibandingkan dengan mengambil kursus bahasa di negara tujuan. Berapa besar biaya yang bisa anda hemat? Anda hitung sendiri! :) 


Biaya bimbingan ujian HSK 3


Untuk lebih menjangkau para peminat yang terkendala biaya, kami menawarkan paket bimbingan ini hanya dengan biaya Rp 1,800,000 selama 36x pertemuan tanpa perlu mengikuti ujian HSK 1 & 2 terlebih dahulu. Kelas segera dimulai apabila sudah tercapai kuota minimum 4 peserta.

Bimbingan ini akan lebih efektif apabila diadakan tepat sebelum jadwal ujian. Bagi anda yang akan mengikuti ujian di area Purwokerto dan sekitarnya, ujian akan dilaksanakan pada hari Minggu 28 Oktober 2018 dan 2 Desember 2018 di Puhua School. Bagi yang berdomisili di Jakarta bisa mengikuti ujian di STIKS TARAKANITA. Ujian HSK di Sekolah Tinggi ini dilaksanakan tiap bulan. Jadi kapan pun anda memulai mengikuti kelas bimbingan ini tidak ada masalah. Tentunya anda harus memperhatikan tanggal pendaftaran terakhirnya.

Bimbingan belajar HSK tercepat dengan mementingkan semua aspek 听、读、写hanya disini. Kami memberikan bukti, bukan hanya sekedar janji!

Strategi mengikuti ujian HSK

 

 Bagi siswa luar kota, bisa kursus mandarin via video/ voice call

Kursus HSK 3 Online, masukkan coupon code  MCB5 untuk mendapatkan diskon 5%!

 




 

5 comments:

  1. Saya menjadi bisa bahasa mandarin dan kemampuan berbahasa mandarin saya sudah jauh meningkat dari sebelumnya. LaoShi sangat sabar dan cara mengajarnya sangat baik mudah dipahami. Sekarang saya sudah memiliki seritifkat hsk berkat belajar di madarin corner. Bahkan sekarang adik saya sudah mulai ikut belajar di mandarin corner. 谢谢老师!

    ReplyDelete
  2. I am proud to see your achievement and hope you'll also get great results in the upcoming HSK 4 test!

    ReplyDelete
  3. Congrats! Heard you got accepted to National Cheng Kung University ( NCKU ), second top university in Taiwan for engineering. Your efforts and passion have paid off! My best wishes for a new chapter ahead.

    ReplyDelete
  4. Saya ingin mengikuti kursus ini tetapi sepertinya harus menabung dlu whehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga kursus di tempat kami sangat terjangkau dengan jumlah murid maksimal 3 orang saja per kelas, dan kami pun memnberi semua materi dengan gratis sehingga anda tidak perlu lagi membeli buku.

      Delete