Monday, October 28, 2019

Kursus HSK Tercepat

Kursus Mandarin Tercepat


Sudah merupakan tradisi bagi murid-murid Mandarin Corner Purwokerto yang berhasil mencapai nilai tinggi pada setiap ujian HSK dengan persiapan waktu yang relatif singkat. Tidak seperti biasanya, kali ini saya mendapatkan murid yang ingin mempersiapkan ujian HSK 4 ( Upper Intermediate ) dalam 2 bulan, bahkan saya hampir menolaknya, tetapi karena tekad murid yang begitu kuat, akhirnya saya terima juga tantangan ini. :)

 

Kursus HSK Tercepat


Adalah seorang siswi program bahasa sekolah SMA negeri di Purwokerto yang menghubungi saya tgl 2 September 2019 silam, dia ingin mengejar tes HSK 4 tanggal 27 Oktober 2019, sedangkan level ujian tertinggi yang terakhir dia ikuti saat SD adalah YCT 2 ( setara HSK 1 ). Saya sempat bersikeras menasehatinya agar ikut ujian bulan Desember, tapi dia mengatakan sudah mendaftar ujian bulan Oktober. :)

Bimbingan HSK Tersingkat


Karena siswi tersebut sudah bertekad bulat dan percaya di bawah bimbingan mandarin corner dia bisa mempersiapkan ujian ini dengan baik walau hanya dengan waktu 2 bulan saja, saya menyanggupinya. Itupun hanya dengan frekuensi 3x seminggu.

Hari pertama kursus, saya menilai kemampuan dia sudah ada di antara level HSK2 & 3, karena di sekolahnya dia mengambil program bahasa. Setelah itu saya mengkalkulasi waktu, membuat program pembelajaran khusus untuknya dan mewajibkan dia selesai mempelajari 1200 kosa kata HSK 4 hanya dalam waktu sebulan saja, karena bulan kedua akan saya fokuskan untuk berlatih soal-soal tes HSK.

Karena terbatasnya waktu, saya mewajibkan dia untuk selalu mengerjakan PR menulis di rumah di bulan pertama dan mengerjakan soal2 tes di bulan kedua. Alhasil semua bahan mampu diselesaikannya dengan baik meskipun hasil tes simulasinya masih belum sempurna.

Berapa total nilai ujian HSK 4 siswi tersebut pada tgl 27 Oktober 2019  lalu? Hasilnya akan terlihat sebulan mendatang, dan saya yakin nilainya pasti di atas KKM:). 

Setelah kami tunggu-tunggu, hasil ujian tersebut baru diumumkan di situs resmi HSK pada tanggal 4 Desember 2019, dimana seharusnya hasil ujian sudah bisa diumumkan tgl 26 November 2019 lalu, yang setelah kami telusuri diakibatkan terlambatnya pengiriman lembar jawaban ujian ke Beijing, China.

Hasil les HSK Tercepat

Ternyata memang lulus di atas KKM(180), tapi kurang memuaskan. Tapi patut diakui soal2 ujian kali ini rata-rata terbilang sulit untuk semua level. Tingkat kesulitan soal untuk level HSK yang sama pun tiap tahun bisa berbeda-beda. 

Tapi kalo dilihat dari persiapan waktu yang hanya dua bulan untuk melompat dari level HSK antara 2&3 ke HSK 4 dengan frekuensi kursus hanya 3x@1,5 jam/minggu merupakan prestasi yang luar biasa baik bagi murid maupun gurunya :) , jauh lebih cepat daripada anda harus pergi ke China untuk mengambil kursus ulang persiapan Bahasa Mandarin sebelum kuliah yang memakan waktu setidaknya setahun, dengan frekuensi 5 hari x@6 jam/minggu & dengan biaya lebih dari lima puluh juta per semester ( hanya 4 bulan )! 


Mengapa kursus di tempat kami adalah yang tercepat?


Alasannya simple saja, karena anda belajar Bahasa Mandarin di tempat kami sebagai bahasa asing/kedua, jauh lebih efektif dari belajar dengan guru native yang umumnya mengajar Bahasa Mandarin bukan sebagai bahasa asing. Bagaimana mungkin anda bisa paham mempelajarinya sebagai bahasa native/pertama? Tidakkah anda mengetahui perbedaan besar antara mempelajari bahasa ini sebagai bahasa pertama dan kedua? Mempelajarinya sebagai bahasa pertama hanya akan mempersulit diri anda sendiri! Apabila anda ingin mendapatkan bimbingan kilat custom-tailored HSK course untuk mendapatkan sertifikat HSK dalam waktu singkat, hubungi WA kami yang ada di setiap halaman situs ini. 

Keberhasilan dari kursus singkat ini tak terlepas dari kerjasama yang baik antara guru dan murid untuk meraih prestasi maksimal dalam waktu yang relatif singkat. Anda sendirilah pada akhirnya yang menentukan berapa lama & sukes tidaknya kursus singkat ini. Dengan tekad yang kuat dari anda dan bimbingan yang efektif dan terarah dari guru yang sudah mengantongi sertifikat HSK 6 serta berpengalaman 20 tahun lebih dalam mengajar, tidak ada yang mustahil!


Kursus HSK Online


Dalam situasi merebaknya virus corona saat ini, cara yang paling aman dan efektif adalah via online teaching one-on-one. Kami juga sudah berpengalaman membimbing persiapan ujian HSK via voice/video call. Berikut salah satu murid kami yang telah lulus ujian HSK4 dengan kursus selama 4 bln, 2xseminggu. Dia memang sudah punya dasar dengan belajar otodidak dan sedang bekerja di pabrik sepatu. Karena atasan mengharuskan dia lulus HSK4 untuk promosi karirnya, maka dia mengambil kursus online kepada saya.


Kursus HSK online
Konsultasi via WA






Nilai Kursus HSK Online



Dengan memilih guru yang tepat, hasil pembelajaran online bisa menyamai hasil kursus konvensional ( datang ke tempat kursus ). 

Kursus Mandarin Tercepat


Screenshot di atas menunjukkan murid online yang begitu antusias dalam menulis Hanzi, sampai menuliskan PR 7 lembar tanpa merasa terpaksa. Kenapa bisa demikian? Karena murid merasa enjoy menulis, bukan menganggapnya sebagai beban yang membosankan. Itulah bedanya mengikuti kursus di tempat lain dengan kami di sini :). Hal ini menjawab mengapa kursus di tempat kami begitu cepat terlihat hasilnya, bahkan lebih cepat dari yang anda perkirakan jika belajar secara langsung di Taiwan/ China!


Semoga menginspirasi anda semua yang ingin mendapatkan sertifikat HSK dalam waktu singkat. :)


2 comments: