Monday, December 9, 2019

Kursus Singkat Menulis Karakter Mandarin

Berapa Lama Belajar Menulis Karakter Mandarin


Di antara para murid yang pernah saya ajar baik offline maupun online mereka datang dari berbagai macam latar belakang dan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Namun dari murid yang sudah pernah belajar baik di sekolah maupun di tempat kursus sebelumnya, secara umum jarang saya jumpai yang mampu menulis dengan arah dan urutan yang benar. Entah mengapa ketrampilan menulis karakter Hanzi ini seakan mulai diabaikan sejak adanya gadget dimana kita bisa menulis dengan cara mengetikkannya saja. Tapi bagaimanapun kemampuan ini amatlah penting apabila anda ingin mempelajari bahasa ini dengan baik, sebab apabila anda mampu menulis dengan baik & benar, karakter yang anda pelajari tersebut akan lebih terukir dalam memori anda sehingga saat akan menuliskannya anda akan dengan mudah memanggilnya kembali dari memori anda.

Saya sendiri mengawali karir saya sebagai guru Mandarin di PJTKI PT. Indonaker Mandiri tahun 1999, dimana saya dituntut mengajar para TKW tersebut untuk bisa berkomunikasi lisan dengan calon majikannya hanya dalam waktu 3 bulan, tanpa perlu mengajar mereka menulis karakter Mandarin. Memang akhirnya para TKW ini mampu berkomunikasi lisan dengan lancar di negara tujuan tanpa menulis, tetapi begitu mereka pulang ke Indonesia masalahnya menjadi lain. Sekarang boss menuntut mereka untuk mampu berkomunikasi lisan dan tulisan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan daya saing mereka yang belum mampu menulis, Mandarin Corner Purwokerto membuka kelas singkat khusus belajar menulis karakter Mandarin selama seminggu ( 7sesi X@90 menit ), dengan biaya Rp 450,000/orang, sudah termasuk bahan materi dan biaya registrasi.



Untuk siapa kursus singkat menulis Mandarin ini ditujukan?


Kursus singkat ini ditujukan bagi siapa saja yang ingin menyempurnakan kemampuan menulis mereka atau bagi mereka yang sudah bisa berkomunikasi lisan dalam Mandarin tetapi belum pernah belajar tentang cara menulis Hanzi. Bisa juga diikuti oleh pembelajar pemula yang ingin menyempurnakan pengetahuan mereka tentang chinese character handwriting yang sesuai standar, sebab saat ini pengetahuan tersebut semakin langka diajarkan.

Bayangkan misalnya ada dua orang yang melamar pekerjaan yang sama, keduanya sudah lolos tahap ujian lisan, dan tiba kini saatnya penguji ingin melihat kemampuan mereka dalam hal menulis. Yang satu bisa menulis rapi dan mudah dibaca, yang satunya lagi susah untuk dimengerti tulisannya. Kira-kira siapa yang akan diterima? 

Tidak selalu setiap karyawan akan menulis dengan komputer dan mencetaknya. Ada banyak kesempatan, mereka juga harus menulis dengan tangan apabila yang ditulis hanya 1 atau 2 karakter saja. Dalam hal inilah, tulisan anda diperhitungkan apakah bisa dibaca atau tidak!


Kursus Singkat Menulis Hanzi

“人可以写字,字可以显人,写字的意义远远超过练字本身”
"Orang bisa menulis, karakter yang dituliskan menunjukkan pribadi orang tersebut, esensi dari menulis jauh melebihi dari sekedar latihan menulis"

 

 

Materi kursus menulis Hanzi


1. Pengenalan ejaan pinyin

Tidak bisa disangkal lagi ejaan pinyin adalah ejaan yang paling mudah untuk bisa dikonversi menjadi karakter Hanzi. Selain itu, ejaan pinyin merupakan ejaan untuk menginputkan karakter ke dalam laptop atau pun Smartphone. Oleh karena itu anda harus menguasai ejaan ini.

 

2. Goresan pembentuk karakter Hanzi

Materi berikutnya adalah macam-macam goresan pembentuk karakter Hanzi beserta nama-nama goresan dan arahnya. Saat murid menulis sebuah Hanzi, seharusnya mereka mampu menyebut nama masing-masing goresan yang sedang dituliskannya, supaya mereka bisa dengan jelas membedakan antara goresan yang satu dengan goresan yang lain.




3. Aturan penulisan

Setelah menguasai semua macam goresan, barulah tiba saatnya kita belajar beberapa kaidah tentang urutan penulisan sehingga kita bisa mengetahui mana yang ditulis dahulu dan mana yang kemudian.

 

4. Stuktur Karakter

Untuk menulis Hanzi dengan proporsi yang tepat, kita perlu mengetahui struktur karakter tersebut, apakah kiri-kanan, atas-bawah, wrap-around structure, terdiri dari satu bagian atau lebih. Bagian ini jarang dibahas dan diajarkan sehingga murid tidak mengerti seberapa tinggi atau panjang sebuah goresan harus ditulis sehingga mereka menulis dengan porsi yang tidak tepat

 

5. Teknik mengingat arti dan pelafalan Hanzi

Bagian ini adalah bagian yang membantu murid untuk mengingat sebuah huruf terdiri dari komponen yang mana, baik untuk komponen semantic maupun komponen fonetik.

 

6. Latihan menulis dan menghitung goresan

Setelah mengetahui dasar-dasar aturan penulisan dengan baik, saatnya kita menyempurnakan pengetahuan kita dengan praktek berlatih menulis dan menghitung goresan untuk memperkokoh apa yang sudah kita pelajari.

 

7. Pengenalan beberapa situs dan app yang bisa membantu kita dalam belajar menulis.

Apabila kita tidak mempunyai buku pegangan untuk cross-check apakah kita sudah menulis dengan benar maka kita perlu mencocokannya dengan situs acuan, barulah kita yakin sudah menuliskannya dengan benar.

Perlu anda ketahui, ini bukan kursus yang sengaja dipersingkat untuk anda yang sibuk, namun untuk belajar menulis di tempat kami memang tidak perlu memakan waktu yang lama dan anda akan mendapatkan hasil yang lebih efektif dan nyata dibanding tempat kursus lainnya atau bahkan sekolah formal sekalipun. Hal ini tercermin dari singkatnya waktu yang dibutuhkan murid kami untuk lulus HSK4!  Meskipun sekarang sudah ada banyak app yang bisa anda download untuk belajar menulis Hanzi, tetapi tanpa dibarengi dengan teori yang mendasarinya mustahil anda akan memahaminya dengan baik dan benar. 


Daftarkan segera diri anda di contact form atau menghubungi WA kami yang ada di setiap halaman situs ini.

Tips mendapatkan nilai tinggi ujian HSK4


 

 

No comments:

Post a Comment