Wednesday, November 28, 2018

Berapa lama belajar HSK 4


Berapa lama lulus HSK 4 mulai dari 0?

Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan murid atau orang tua yang mengkursuskan anaknya. Kalau belajar Mandarin di China saja membutuhkan waktu paling cepat 1 tahun, lalu kalau anda belajar di Indonesia logikanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama bukan? Tetapi tidak untuk murid kami di Mandarin Corner, dia justru bisa menyelesaikannya dalam waktu 10 bulan hanya dengan frekuensi kursus 3x seminggu..

Adalah seorang siswi yang bernama Ave, murid SMA Swasta Purwokerto yang mengambil kursus di tempat kami mulai dari akhir Desember tahun 2017 lalu. Dia di sekolah hanya mendapatkan pelajaran Mandarin seminggu sekali saja, praktis saat mulai kursus di tempat kami, kemampuannya sangat minim sekali. Hanya dalam waktu 3 bulan ( 36x pertemuan ) dia sudah lulus HSK 3 pada tanggal 25 Maret 2018 lalu dengan nilai total yang sangat baik yaitu 264, dengan nilai reading sempurna yaitu 100; lalu dia melanjutkan kursus untuk persiapan tes HSK 4 yang diadakan tanggal 28 Oktober 2018 lalu. Dan hasilnya dia juga bisa mendapatkan nilai cukup memuaskan dengan total score 257, dengan nilai writing 89, setelah saya memberi perhatian khusus pada bagian ini karena hasil writing dia pada HSK 3 kurang memuaskan. Bisa disimpulkan, Ave hanya membutuhkan waktu 7 bulan untuk meningkatkan levelnya dari HSK 3 ke HSK 4. Seandainya saat itu ada jadwal ujian HSK 4 lebih awal dari bulan Oktober pun, saya yakin dia sudah siap! Sebenarnya target lulus HSK 4 bisa lebih cepat lagi, perkiraan saya hanya butuh setengah tahun dari nol, asalkan siswa sunguh-sungguh niat belajar dan mau diajak bekerja sama untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberi. Kalau siswa sewaktu kursus sambil bermain Hp, atau dia yang mengambil alih kendali ( misalnya hanya punya budget yang terbatas, tidak mengikuti anjuran saya dalam belajar, kursus tidak selesai karena murid sering tidak masuk, dll ) maka target lulus dalam waktu setengah tahun mustahil bisa dicapai.


Berapa lama belajar HSK 4

Cara Belajar HSK4 yang Efektif

Dalam kasus ini, Ave sebenarnya juga mampu menyelesaikan kursus HSK 4 dalam waktu setengah tahun. Hanya saja dia merasa tidak perlu buru-buru karena batas akhir pendaftaran kuliah di Taiwan masih bisa sampai sekitar Maret 2019. Dan kebetulan juga ujian HSK di Purwokerto setahun hanya diadakan 2-3 kali saja ( Maret, Oktober dan Desember ) .

Berbekal pengalaman mengajar lebih dari 20 tahun, baik di universitas, sekolah internasional dan di beberapa tempat kursus dengan 2 metode baik Beijing maupun Taiwan, saya tahu dan mengerti materi apa yang terbaik untuk dipelajari, dengan urutan yang terstruktur supaya murid tidak kewalahan dan kehilangan motivasi, apa yang bisa dipelajari murid secara mandiri dan apa yang harus dipelajari di kelas, sehingga waktu belajar bisa menjadi sangat efektif dan efisien, namun dengan tidak mengabaikan cara menulis yang benar maupun intonasi yang baku dari setiap huruf atau kata yang diucapkan, sehigga kemampuan berbahasa merata di setiap aspek: mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Hanya saja untuk tes HSK tidak merefleksikan nilai speaking nya. Hal ini bisa terlihat dari 3 aspek nilai pada sceenshot di atas yang merata, baik dari segi 听力、阅读、dan 写作。 Sangatlah umum dijumpai nilai pada peserta HSK yang tidak merata di setiap aspeknya, yang biasanya lebih rendah pada bagian listening atau pun writing nya, sehingga total nilai tidak mencapai passing grade, seperti contoh berikut, sayang kan!?




Biasanya di tempat kursus lain, bahkan di sekolah formal pun anda hanya difokuskan untuk terampil mendengar dan berbicara dengan intonasi yang seadanya. Selain itu, kami juga bisa menganalisa dan memberi feedback atas kemampuan anda saat ini, apabila anda tidak belajar dari awal dengan kami, mana yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari yang lain. Dalam contoh siswi Ave, dia mendapatkan nilai writing 74 pada HSK 3; sedangkan pada ujian HSK 4 dia mampu mencapai nilai 89, meskipun jumlah kosa-kata yang harus dikuasai 2x lipat jumlah kosa-kata HSK 3 dan dengan tingkat kesulitan soal yang lebih tinggi.


Dengan memilih guru Mandarin yang tepat serta mempelajarinya sebagai bahasa asing adalah salah satu faktor kunci yang akan menentukan apakah anda dapat berhasil dan bertahan dalam belajar bahasa Mandarin, atau apakah Anda akhirnya menyerah atau menjadi kehilangan motivasi. Jadi kesimpulannya untuk lulus HSK 4 dengan nilai yang memuaskan, anda tidak perlu belajar bertahun-tahun, cukup setengah tahunan, bahkan tidak perlu bersekolah di sekolah bahasa ataupun kuliah D3. Bahkan kemampuan murid kami yang lulus HSK 4 dengan nilai jauh diatas KKM ( KKM=180 ), setara dengan kemampuan mahasiswa semester 5-6 jurusan Sastra China di Indonesia pada umumnya. Lihat bukti dalam tabel berikut:




Mungkin kecepatan belajar bukan hal yang terpenting bagi setiap murid, dan setiap murid mempunyai kecepatan belajar yang berbeda-beda, anda bisa lebih pelan atau cepat dari Ave, tapi dari artikel ini setidaknya anda tahu dengan memilih guru yang tepat, anda bisa menghemat banyak waktu dan biaya kursus dan pastinya waktu yang dibutuhkan bahkan lebih cepat dari belajar langsung ke China! Sekarang adalah era globalisasi, apa yang ada di luar negeri bisa anda dapatkan di dalam negeri dalam saat yang bersamaan; oleh karena itu tidak ada alasan belajar di Indonesia lebih lambat karena tidak ada lingkungan yang mendukung. Itu adalah alasan klise mereka yang tidak bisa memanfaatkan teknologi internet dengan baik :). Apapun latar belakang sekolah/ pendidikan anda, luangkan waktu setengah tahunan ( belajar mulai dari nol ) bersama kami untuk membimbing anda mendapatkan sertifikat HSK 4 yang semakin dituntut dalam dunia kerja jaman sekarang.


Bagi anda yang hanya memiliki waktu terbatas dan ingin segera lulus HSK 4 dengan nilai yang merata pada setiap aspek yang diuji, silakan segera menghubungi WA kami DI SINI

Bagi yang tidak berada di Purwokerto, anda bisa mengambil kursus secara online untuk mendapatkan hasil yang sama, meskipun tidak hadir dalam kelas, namun anda berkesempatan dibimbing secara 1 on 1 ( sesuai aspek yang perlu anda tingkatkan; listening, reading atau writing ) jika kursus secara online.



UPDATE

Pada tanggal 20 Mei 2019 lalu, Ave sudah resmi diterima sebagai mahasiswi di NCKU ( National Cheng Kung University ) di bagian International Bachelor Degree Program on Energy Engineering, universitas teknik/engineering terbaik kedua di Taiwan setelah NTU ( National Taiwan University ). Sekaligus mengharumkan nama Kota Purwokerto, sebab sebelumnya belum pernah tercatat di kampusnya ada mahasiswa/i yang berasal dari kota ini. Mantap:)




Ave adalah murid yang kritis, semua proses pengajuan Universitas di Taiwan dilakukannya secara mandiri tanpa agen ( hanya pihak TETO saja yang membantunya dalam pengurusan Student Visa dan pihak sekolah SMA dalam hal transkrip nilai rapor), mulai dari menghadiri Taiwan Higher Education Fair sampai menghubungi pihak Univ untuk fasilitas Buddy yang akan menjemputnya di Bandara; dan Mandarin Corner pun selalu mensupport mendampinginya dalam hal pembuatan autobiograpy, CV, study plan dalam Bahasa Mandarin. Dan akhirnya kerjasama kami selama ini membuahkan hasil yang patut dibanggakan.

Mandarin Corner Purwokerto mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih, semoga kemampuan bahasa mandarin yang telah dipelajari selama ini bisa mendukung studinya di Taiwan. Congrats!

Bagi yang ingin kuliah di Taiwan dengan Chinese taught program, kami juga memberikan bimbingan TOCFL.

Berapa lama anda belajar sampai lulus HSK 4? Tinggalkan komentar anda.

Lihat reviews dari murid kami di Google Maps 

Tips mendapatkan score tinggi HSK4

Bagi yang ingin meningkatkan kemampuan HSK 4 secara online klik di sini



4 comments:

  1. Terimakasih Mandarin Corner lewat kursus yg diberikan sangat membantu saya yang sedang menempuh pendidikan diTaiwan saat ini.

    ReplyDelete
  2. I am very pleased to see that you are competent now in an international environment. I know you can do it:). Wish you the best of luck!

    ReplyDelete
  3. Bukannya ditaiwan menggunakan toacfl??apakah disana beasiswa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang di Taiwan menggunakan TOCFL. Tetapi karena Ave mengambil International Program (English Taught), maka HSK tetap boleh disertakan sebagai pelengkap bukti kemampuan berbahasa Mandarin. Semoga membantu ya :)

      Delete