Thursday, February 7, 2019

Bimbingan HSKK

Mengapa HSKK itu penting?   

Dalam salah satu post yang lalu, saya pernah mengatakan bahwa untuk menjamin kemampuan Bahasa Mandarin seseorang, dia harus lulus HSK 4 dan HSKK Intermediate. Namun anehnya, kalau anda mencoba googling bimbingan tes HSKK, jarang sekali tempat kursus yang menekankan pentingnya HSKK ini sampai pada saatnya dimana sekarang ujian HSK harus mengambil juga ujian HSKK. Berbekal sertifikat HSK6 dan berpengalaman mengajar lebih dari 20 tahun, serta berpengalaman membimbing murid dalam mengikuti berbagai lomba Festival Mandarin yang mengambil soal dari ujian HSKK, kami siap membimbing anda untuk mendapatkan nilai terbaik!


Memang kalau diteliti lebih lanjut HSKK memang tidak sepopuler HSK, banyak persyaratan masuk perguruan tinggi di China yang hanya memerlukan sertifikat HSK, namun bukan berarti HSKK tidak penting ya. HSK menguji kemampuan pembelajar dalam hal listening, reading dan writing saja; sedangkan HSKK khusus menguji kemampuan pembelajar dalam hal speaking. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengambil tes keduanya. Bayangkan kalau anda sudah berada di China/ Taiwan, namun penduduk native tidak mengerti apa yang anda tuturkan karena pengucapan dan nada anda tidak tepat, bagaimana proses komunikasi akan berjalan dengan lancar? Oleh karena itu, HSKK sangat penting bagi siapa pun yang kelak akan pergi ke China atau Taiwan untuk kuliah, bisnis atau mencari peluang kerja. Sertifikat HSKK dengan nilai yang baik menjamin kelancaran komunikasi lisan anda di negara tujuan. Dalam bidang perkuliahan, sertifikat HSKK umumnya diperlukan bagi mereka yang belajar di bidang pengajaran bahasa Mandarin untuk orang asing.

Kilas balik saat saya kuliah di Taiwan, saya sempat cuti kuliah selama setahun di tahun kedua, hanya karena kemampuan berbicara Mandarin saya yang sangat kurang, padahal orang tua saya telah mengikutikan saya kursus Mandarin sejak saya TK. Lalu kenapa setelah sekian lama belajar Mandarin sekian lama ( dari TK sampai lulus SMA ), kemampuan berbicara saya adalah yang paling buruk di antara keempat aspek pembelajaran sebuah bahasa yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Ternyata bisa disimpulkan bahwa penyebabnya adalah semua guru les ( karena saat itu Mandarin belum diajarkan di sekolah ) yang pernah mengajar saya, baik guru lokal dan guru native, tidak ada satu pun yang berani mengajarkan pengucapan dan nada yang benar. Bisa jadi semua guru tersebut tidak PD mengajar dengan nada :( , karena mereka tidak yakin dengan nada mereka sendiri, apakah sudah akurat/belum. Bahkan sampai sekarang pun, saya masih menemukan guru-guru yang sudah lulusan China, tetapi mengajar dengan nada yang keliru!

Saat saya datang ke Taiwan untuk kuliah, pertama-tama harus mengikuti bimbingan ujian masuk Perguruan Tinggi Taiwan selama 1 bulan, dan saat bimbingan usai, semua peserta harus mengikuti ujian 3 mapel, yaitu Mandarin, Inggris dan Matematika. Beruntung sekali saya saat itu mendapat total nilai 77, dan bisa langsung masuk PTS tanpa harus mengikuti kursus Mandarin lagi di Taiwan. Saat itu belum ada ujian HSK maupun TOCFL; jadi ujian Mandarinnya hanyalah menulis sebuah artikel yang judul/ topiknya sudah ditentukan, itu saja. Alhasil, kemampuan Mandarin saya yang diuji saat itu tidak mencerminkan kemampuan berbahasa Mandarin yang sebenarnya, sehingga saat awal kedatangan saya di Taiwan, hampir setiap kali saya berkomunikasi dengan orang Taiwan, mereka selalu menjawab: 你在说什么?Hal ini sempat membuat saya depresi, dan akhirnya saya bertekad mengambil cuti selama satu tahun hanya untuk mempelajari ulang Bahasa Mandarin dengan pelafalan dan intonasi yang benar!

Namun anehnya, saat saya menjadi guru di beberapa sekolah internasional, guru native pun hanya melihat pentingnya nada ini dengan sebelah mata, Mereka beranggapan nada itu tidaklah terlalu penting. Dalam hati saya berpikir apakah masih kurang dengan koban penderitaan yang telah saya alami karena tidak mempelajari pelafalan dan nada dengan baik?

Oleh karena itu sobat, sekali lagi saya tegankan bahwa apabila anda tidak ingin mengalami kesulitan berkomunikasi, ambillah ujian HSKK yang khusus menguji kemampuan anda dalam hal speaking. Ujian ini terlebih penting bagi mereka yang akan kuliah atau bekerja di China atau Taiwan. Tanpa mengikuti ujian ini, perkataan anda tidak bisa dimengerti dengan baik oleh native.


Apa itu HSKK? 

kursus persiapan HSKK


HSKK adalah singkatan dari Hanyu Shuiping Kouyu Kaoshi, yang artinya ujian lisan kemahiran berbahasa Mandarin bagi penutur asing, dibagi atas 3 level, yaitu HSKK Dasar, Menengah dan Mahir.

HSKK Dasar (初级) diperuntukkan bagi mereka yang sudah berkemampuan setara HSK 1/2;
HSKK Menengah (中级)bagi mereka yang sudah berkemampuan setara HSK 3/4;
HSKK Mahir (高级)bagi mereka yang sudah berkemampuan setara HSK 5/6.

Peserta yang lulus HSKK Dasar dapat memahami dan menggunakan bahasa Mandarin untuk mengekspresikan topik sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dasar.
Peserta yang lulus HSKK Menengah dapat memahami dan menggunakan Mandarin dengan agak lancar dengan penutur asli.
Peserta yang lulus HSKK Mahir dapat memahami dan menggunakan Mandarin serta dengan lancar menyampaikan pendapatnya.

Berikut adalah jumlah soal dan durasi ujian untuk masing-masing levelnya:

                               Jumlah soal HSKK         Durasi ujian ( menit )
HSKK(初级)        27                                   approx 17
HSKK(中级)        14                                   approx 21
HSKK(高级)          6                                   approx 24


 

Bentuk Soal HSKK Intermediate


Bagian pertama adalah mendengar dan mengulang kalimat, jumlah soal 10 kalimat, durasi 3 menit.
Bagian kedua adalah menceritakan gambar, jumlah soal 2 buah, durasi 4 menit.
Bagian ketiga adalah menjawab pertanyaan, junlah soal 2 buah, durasi 4 menit.
Total durasi ujian diperkirakan 21 menit, termasuk waktu persiapan 10 menit untuk menjawab soal-soal bagian kedua dan ketiga.
Nilai maximum untuk ujian ini adalah 100, dengan passing grade 60, sertifikat berlaku selama 2 tahun.
Kapan sebaiknya mengikuti ujian HSKK Intermediate ini? Untuk mencapai nilai yang lebih baik, saya sarankan anda mengikuti ujian ini setelah anda lulus ujian HSK 4.


Perbedaan HSK dan HSKK


HSK singkatan dari Hanyu Shuiping Kaoshi, sedangkan HSKK adalah Hanyu Shuiping Kouyu Kaoshi. HSK terdiri dari 6 level; sedangkan HSKK hanya 3 level. Dari singkatan ini saja, sudah bisa kita ketahui bahwa HSKK hanya menguji satu aspek yaitu kemampuan anda dalam hal komunikasi lisan. Pendek kata, kita bisa menganggap nilai HSK sebagai nilai teori, sedangkan nilai HSKK sebagai nilai prakteknya. Jadwal ujian HSK dan HSKK dilaksanakan pada hari yang sama, tapi sebaiknya anda tidak mengambil kedua ujian ini pada hari yang bersamaan, supaya anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.



Manfaat mengikuti ujian HSKK Intermediate

  1. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, mengikuti ujian ini berarti anda akan mengetahui seberapa kecakapan anda dalam berbicara Mandarin. Lebih baik mempersiapkan kemampuan ini dari sekarang sebelum anda tiba di negara tujuan. Saat anda sudah kuliah / kerja di sana, jangan mengharapkan teman, guru atau kolega anda untuk mengoreksi ucapan anda yang salah. Itu sudah terlambat
  2. Saat anda mengajukan permohonan untuk apply ke universitas di China atau Taiwan, pada formulir juga akan ditanya seberapa baik kemampuan anda dalam hal speaking ini. Bagaimana anda akan yakin dengan kemampuan anda apabila selama ini anda belum pernah mengikuti Speaking Test?
  3. Untuk pengajuan program beasiswa Bachelor’s Degree in Teaching Chinese to Speakers of Other Languages (BTCSOL), dimana selain anda diharuskan meraih nilai minimum 210 untuk HSK 4, anda juga dituntut untuk mencapai nilai minimal 60 untuk HSKK Intermediate. 
  4. Sebagai referensi kemampuan berbicara Mandarin anda pada unit kerja tempat anda melamar pekerjaan. Meskipun sekarang sudah banyak perusahaan yang mewajibkan calon karyawan untuk memiliki sertifikat HSK, namun sebenarnya sertifkat HSK juga tidak bisa mencerminkan seberapa mampu anda dalam hal berkomunikasi. Dengan mengantongi sertifikat HSKK ini, saya yakin akan memberi anda nilai plus untuk diterima sebagai aset SDM perusahaan yang berharga.
  5. Dengan meningkatkan kemampuan speaking anda dengan pelafalan dan nada yang benar, secara tidak langsung juga akan meningkatkan kemampuan listening anda, karena anda akan mampu membedakan arti berdasarkan nada yang terdengar. Semua ini pada akhirnya akan meningkatkan kualitas anda dalam berkomunikasi dengan bahasa Mandarin. Sehingga anda akan terlihat lebih PD juga akhirnya. 

 

Bimbingan HSKK Online 


Dengan informasi yang saya paparkan di atas, semoga anda menjadi sadar akan pentingnya ujian HSKK ini untuk meningkatkan kemampuan lisan bahasa Mandarin anda. Apabila guru anda sudah mengajar dengan pelafalan dan intonasi yang benar, bersyukurlah anda. Namun, saya juga sering melihat banyak guru dalam mengajarkan Mandarin tidak mengindahkan ejaan pinyin, terutama guru native. Bagaimana anda bisa mengucapkan / membaca sebuah karakter dengan benar apabila anda tidak tahu persis pinyin dan nadanya? Kalau anda pernah mengikuti ujian Chinese Bridge dan sejenisnya, anda akan paham bahwa peserta yang pengucapannya & nadanya tidak standar tidak akan pernah bisa mendapatkan juara.

Bagi anda yang sulit mendapatkan guru yang berkualitas dalam hal ujian lisan ini, anda juga bisa mengikuti kursus secara online dengan saya. Semua ucapan anda yang tidak tepat selama ini akan saya koreksi dengan seksama.

Belajarlah Mandarin dengan ucapan dan nada yang benar dari awal. Apabila anda sudah terbiasa dengan ujaran yang salah, akan lebih sulit membetulkannya daripada belajar dari awal.

Berikut salah satu murid kami yang lulus ujian HSKK2 tgl 30 Oktober 2021 lalu:


Aspek apa saja yang diuji dalam ujian HSKK?

No comments:

Post a Comment