Friday, December 22, 2017

Bimbingan TOCFL dan persiapan kuliah di Taiwan

Beasiswa kuliah di Taiwan



Dengan seringnya diadakan pameran pendidikan Taiwan di kota-kota besar di Indonesia akhir-akhir ini yang menawarkan program beasiswa baik S1, S2, dan S3 baik dari pemerintah ( Ministry of Education & Ministry of Science and Technology ) maupun dari organisasi non pemerintah ( Taiwan ICDF ) , ataupun beasiswa kampus dan beasiswa dari pemerintah Indonesia, yang diantaranya ada yang menuntut calon penerima besiswa untuk mengantongi sertifikat TOCFL, khususnya program studi yang tidak menggunakan Bahasa Inggris, maka Mandarin Corner Purwokerto yang didirikan oleh alumni dari Taiwan, juga memberikan bimbingan persiapan untuk mengikuti ujian ini. Tidak tanggung-tanggung banyak di antara universitas yang menawarkan beasiswa tersebut adalah top 500 world ranking universities.

Bimbingan TOCFL Jateng
Penerima Taiwan Scholarships Tahun 2017

Untuk berkuliah di Taiwan anda diharuskan menguasai 30% karakter tradisional yang berbeda dengan versi sederhananya, jadi kalau anda tidak ingin mengalami kendala saat mulai kuliah di Taiwan, sebaiknya pelajarilah karakter tradisional di kala anda masih di Indonesia, dan saya sangat menganjurkan anda untuk mengambil tes TOCFL versi karakter tradisional, meskipun anda bisa memilih soal versi karakter sederhana. Mengapa? Karena begitu anda sudah sampai di Taiwan, simplified characters akan hilang dari penglihatan anda, yang ada hanya traditional characters! Tidaklah sulit untuk mempelajari perbedaan kedua versi karakter tersebut dalam waktu singkat kalau anda tahu cara yang efektif untuk mempelajarinya, apalagi di jaman yang serba memakai app ini, semua tools sudah tersedia, bahkan banyak pula berupa situs yang tidak perlu diinstall; masalahnya hanya tinggal tahukah anda apa saja tools tersebut & bagaimana cara memanfaatkannya. Tapi kenyataan yang saya amati banyak siswa yang tidak jadi kuliah di Taiwan hanya karena masalah karakter tradisional ini. Sayang bukan?

Berikut contoh tampilan tools & materi yang bisa anda manfaatkan untuk mempelajari kedua versi karakter tersebut:



Mempelajari karakter tradisional tidaklah sulit kalau anda mengerti bagaimana memanfaatkan tabel perbandingan seperti di atas.

Selain itu yang tak kalah pentingnya anda juga harus menguasai ejaan 注音符号 , seperti terdapat dalam gambar berikut: 




Apa itu TOCFL?


TOCFL adalah singkatan dari Test of Chinese as a Foreign Language dari Taiwan yang mirip dengan ujian HSK dari China, tetapi masih memakai karakter Tradisional, dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari HSK . Sebagai perbandingan perbendaharan kata HSK 4 terdiri dari 1200 kata; sedangkan TOCFL 4 mengharuskan anda menguasai 5000 kosa kata. Tapi anda tidak perlu ciut nyali dulu, dengan bimbingan yang kompeten dari kami yang sudah berpengalaman mengajar lebih dari 20 tahun, anda akan belajar dengan lebih efektif untuk menghadapi uijian ini. Saat ini ujian TOCFL juga sudah dilaksanakan secara  CBT alias Computer Based Test di Ukrida.




 

Perbandingan jumlah Vocab per level antara HSK vs TOCFL

 


 
 
Anda tidak bisa membandingkan TOCFL dan HSK hanya dengan melihat jumlah kosa katanya. Contoh jumlah vocabTOCFL B1 adalah 2500; sedangkan jumlah kosa kata HSK 5 juga 2500. Jadi sepintas terlihat sama levelnya, tetapi kalau anda cermati isi vocab dari masing-masing ujian tersebut tidaklah sama, dengan tingkat kesulitan vocab HSK 5 lebih tinggi dari vocab TOCFL B1. Jadi kalau anda fokus mempersiapkan ujian TOCFL B1, anda harus mempelajari vocab list nya sendiri, bukan dengan mempelajari vocab HSK 5. Kesulitan yang umum ditemui pembelajar adalah mereka terbiasa mempelajari simplified characters, sehingga mereka juga ingin mengambil ujian TOCFL versi simplified, tetapi situs resmi TOCFL tidak menyediakan vocab list versi simplified. Kami telah mengatasi kesulitan tersebut dan siap membimbing anda untuk mendapatkan hasil ujian TOCFL yang maksimal baik versi simplied maupun traditional.

Buku apa yang akan dipakai untuk bimbingan TOCFL?

 

Kami menyediakan bagi anda buku materi yang up to date yang dikembangkan oleh Pusat Pengajaran Mandarin Universitas Normal Nasional Taiwan (國立臺灣師範大學國語教學中心). Materi soft file akan diberikan secara gratis saat anda mendaftar kursus ini.


Les TOCFL


Mengapa kuliah di Taiwan?


Taiwan terletak di pusat Asia, yang juga merupakan pintu gerbang antara Eropa, Amerika, Jepang dan pasar Asia Pasifik yang sedang booming. Dalam survei InterNations Expat Insider terbaru Taiwan juga telah dinobatkan sebagai tempat tinggal terbaik di dunia bagi para ekspatriat,  dengan perawatan kesehatan berkualitas dunia dan untuk menciptakan kehidupan masa depan yang lebih baik. Selain itu Taiwan juga disebut sebagai negara multi agama teraman kedua di dunia, sehingga merupakan lokasi yang nyaman bagi anda untuk melanjutkan studi dan karir di kawasan Asia Pasifik.

Taiwan merupakan salah satu negara tujuan belajar para mahasiswa dari Indonesia karena Taiwan memiliki system pendidikan yang maju serta fasilitas penelitian yang lengkap selain juga ditunjang oleh fasilitas transportasi modern. Pemerintah Taiwan juga memberikan perhatian khusus pada bidang pendidikan dan penelitian, sehingga menarik banyak mahasiswa Indonesia untuk kuliah di Taiwan. Pada tahun 2016 sudah tercatat sekitar 30,000 mahasiswa Indonesia sedang menempuh pendidikan di Taiwan, baik untuk program bachelor, master, PhD maupun untuk belajar Bahasa. 

Selain itu, tahukah anda Taiwan Semiconductor Manifacturing Company (TSMC) yang berpusat di Hsinchu merupakan perusahaan semikonduktor terbesar di dunia yang memproduksi processor & chipset untuk smartphone ternama seperti Huawei, iPhone, Oppo dll? Dengan semua kelebihan di atas, tak heran Taiwan menjadi salah satu tujuan kuliah impian bagi para mahasiswa dari Indonesia.





Dengan kuliah di Taiwan, yang juga merupakan tempat impian berkarir para ekspat, anda berkesempatan menguasai dua bahasa internasional terpenting sekaligus:  Bahasa Mandarin dan Inggris, yang tidak anda dapatkan jika kuliah di Indonesia.  





Bagi yang membutuhkan persiapan Ujian TOCFL atau HSK baik secara online/ offline,  jangan ragu untuk menghubungi kami disini.
Dengan banyaknya tools tersebut nyaris tidak ada perbedaan antara belajar via offline maupun online karena tools online tersebut bahkan bisa menjelaskan lebih baik dari gurunya :), tetapi anda harus bijak memilih tools mana saja yang layak pakai, oleh karena itu peran seorang guru tetap diperlukan untuk membimbing anda dalam jalur yang benar. Salah satu peran guru yang tidak bisa tergantikan adalah dalam hal mengoreksi pelafalan dan nada anda. Mandarin Corner Purwokerto sangat membantu anda dalam hal ini. Semua ucapan yang salah tak akan luput dari perhatian kami. Tahukah anda ada perbedaan nada antara Bhs Mandarin Taiwan dengan Mandarin China? Kami akan menjelaskan dengan detail perbedaan tersebut. Kalo anda sering menggunakan Google Translate, tahukah anda bahwa pinyin & nada yang ditampilkan adalah Mandarin Taiwan? Mengapa, karena di China umumnya tidak menggunakan Google, mereka menggunakan Baidu! Make sense?

Dengan mengikuti kursus di tempat kami, anda pun bisa berkonsultasi bagaimana membuat Study Plan, CV dan Autobiography yang meyakinkan, baik dalam Bahasa Inggris maupun Mandarin sehingga memperbesar peluang anda untuk memperoleh beasiswa dan diterima di PT Taiwan yang anda idamkan.

Tips mendapatkan nilai tinggi pada HSK4 






No comments:

Post a Comment