Wednesday, May 9, 2018

Cara mengetahui peringkat universitas di dunia

Akhir-akhir ini kami mulai menerima kursus untuk siswa yang membutuhkan sertifikat HSK maupun TOCFL, tapi tak sedikit pula di antara mereka yang bertujuan ingin kuliah di Taiwan atau China, tanpa memahami dengan baik kualitas Universitas yang dituju. Oleh karena itu dalam post kali ini, saya ingin berbagi tips cara mencari ranking sebuah universitas di dunia, agar sebelum berangkat ke negara tujuan, anda betul-betul memahami seberapa baik reputasi universitas yang akan anda tuju.

Di China maupun Taiwan ada banyak universitas yang layak bagi anda untuk berkuliah. Namun menurut saya jangan sampai memilih universitas yang peringkatnya di bawah yang ada di Indonesia, apalagi kalau universitas tersebut tidak terdata/ tercatat. Istilahnya anda sudah jauh-jauh meninggalkan keluarga, berkorban tenaga, pikiran, waktu dan uang yang cukup besar,  tapi universitasnya tidak bermutu. Jangan sampai hal ini terjadi pada diri anda.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan khususnya bagi mereka yang ingin kuliah di China:
Di China bagian Utara suhu musim dingin rata-rata di bawah nol, sedangkan di bagian Selatan beriklim subtropis sehingga pada musim dingin pun, suhu masih di atas 0, dan jarang sekali turun salju. Jadi sebenarnya anda bisa memilih universitas di tempat yang iklimnya tak jauh berbeda dengan di Indonesia bukan?

Kedua adalah faktor makanan. Di China yang begitu luas, makanan khas masing-masing juga jauh berbeda. Di sebelah utara mereka lebih suka yang rasanya asin; di selatan lebih condong rasa manis; di sebelah timur lebih suka yang pedas; sedangkan di daerah barat lebih menyukai rasa masam. Apakah kalian sudah tahu ciri makanan di tempat yang akan anda tuju?

Ketiga adalah faktor biaya, tentunya di kota-kota metropolitan seperti Beijing, Shanghai dan Guangzhou biaya hidupnya lebih besar ketimbang di kota-kota kecil lainnya

Cara menemukan peringkat perguruan tinggi

Saya kira kita semua setuju bahwa dengan berkuliah di universitas yang mempunyai peringkat yang baik akan sangat membantu karir sesorang di masa depan terlepas dia bekerja di overseas atau balik ke Indonesia. Oleh sebab itu cermatlah dalam memilih universitas yang akan anda tuju, tidak sebatas hanya mendengarkan nasihat para alumni ataupun universitas yang menjalin kerjasama dengan sekolah anda sekarang.


cara mengetahui ranking universitas di dunia


Saat ini setidaknya ada 3 sistem yang meranking sebuah universitas, yaitu dengan sistem ARWU (Academic Ranking of World Universities, aka Shanghai Ranking ) , THE ( Times Higher Education ) dan QS ( Quacquarelli Symonds World University Rankings). Berikut adalah penjelasan dari masing-masing sistem tersebut.

Peringkat ARWU memberi peringkat sebuah universitas murni berdasarkan penelitiannya, kurang mencerminkan pengalaman atau prospek siswa., lebih cocok untuk mereka yang berdedikasi melakukan penelitian (phds atau postdocs ) .

Peringkat THE juga lebih cenderung meranking dalam hal penelitian ketimbang pengalaman siswa. Unsur pengajaran dan keberagaman kurang diperhatikan.

Peringkat QS menempatkan siswa di atas segalanya, menekankan pentingnya mahasiwa Internasional yang beragam, rasio dosen mahasiswa dan reputasi dari kalangan pengusaha. Peringkat ini cocok bagi mereka yang tidak ingin melakukan penelitian setelah universitas dan langsung bekerja. Penilaian juga mementingkan faktor pengajaran. Sistem ini sekarang menilai uiversitas-universitas top dunia berdasar pada 48 studi yang berbeda, dalam 5 bidang fakultas ( Art & Humanities, Engineering & Technology, Life Sciences & Medicine, Natural Sciences dan Social Sciences ), bersama dengan 5 tabel regional indipenden ( Asia, Amerika Latin, Eropa, Asia Tengah ) dan BRICS (Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan ).

Cara mencari ranking universitas dengan Google

Sebelum penulis mengetahui cara yang efektif untuk hasil googlingnya, penulis juga memakai cara manual mencari nama universitas yang kita cari dalam list urutan yang ada, cara ini sangat melelahkan, karena apabila ranking universitas tersebut di luar 500 atau bahkan tidak terdata, akan memakan waktu yang sangat lama dan mungkin juga sia-sia karena anda tidak menemukannya.

Sekarang cara yang singkat adalah dengan memasukkan keyword:
"nama universitas yang ingin anda cek" site:topuniversities.com ( tanpa tanda kutip & sebaiknya diketik nama universitas dalam Bahasa Inggris )

maka google akan langsung memberi hasil ranking tanpa anda perlu mencarinya satu per satu.
Sebagai contoh, saya ingin mengetahui peringkat Fu-jen University yang ada di Taiwan, tempat dahulu saya berkuliah, maka masukkan keyword:
Fu-jen University site:topuniversities.com
Kalau anda kuliah S1, maka pilihlah undergraduate pada hasil pencarian. Hasil SERP ( Search Engine Results Page ) univertas ini akan memberitahu anda:
QS global World Ranking: #801-1000
Research Output: High
QS World University Ranking: #251-300
Asian University Rankings: #=238
Saran saya universitas tempat anda kuliah minimal harus terdeteksi  Asian University Rankings nya, karena kalau di Asia saja tidak terdata, apalagi world rankings nya. Does it make sense? Otherwise, it isn't worth it, guys!


Sekarang cara mencek ranking sebuah universitas jadi mudah bukan? Dengan cara ini pula anda bisa membandingkan ranking universitas idaman antara Indonesia & luar negeri serta memastikan performance nya layak dipilih. Kalau anda sudah merasa puas dengan ranking universitas yang anda tuju, tentunya juga harus menimbang kemampuan anda, tahap selanjutnya tinggal mencari tahu apa persyaratan admission nya.
 
Happy hunting your best university!

Bagaimana cara mengetahui peringkat universitas menurut anda? Silakan memberi komentar di bawah. Xiexie 


No comments:

Post a Comment