Cara membentuk kalimat deskripsi dalam Mandarin
Inti dari kalimat deskripsi adalah untuk memberitahu seseorang tentang seluruh detail dari suatu berita. Ada beberapa cara untuk membentuknya, mari kita pelajari masing-masing cara tersebut:Menggunakan kalimat dengan huruf 是
玛丽是美国人 = Mǎlì shì Měiguó rén. Marry adalah orang Amerika ( menyatakan kewarganegaraan )她是玛琅人 = Tā shì Mǎláng rén. Dia adalah orang Malang ( menyatakan kampung halaman ).
他爸爸是工程师 = Tā bàba shì gōngchéngshī. Ayahnya adalah seorang Insinyur ( menyatakan pekerjaan )
Menggunakan kalimat berpredikat kata benda
她今年22岁= Tā jīnnián 22 suì.Dia tahun ini berumur 22 tahun ( menyatakan umur )一斤5块 = Yī jīn 5 kuài. 500 gram 5 dollar ( menyatakan harga )
现在十点半 = Xiànzài shí diǎn bàn. Sekarang jam 10:30 ( menyatakan waktu )
Menggunakan kalimat berpredikat kata kerja
这位总统生于1889 年 = Zhè wèi zǒngtǒng shēng yú 1889 nián. Presiden ini lahir pada tahun 1889Menggunakan kata kerja 有
中国有五十六个民族 = Zhōngguó yǒu wǔshíliù gè mínzú. China mempunyai 56 suku bangsa中 国有两条大河,一条叫长江,一条叫黄河 = Zhōngguó yǒu liǎng tiáo dàhé, yītiáo jiào Chángjiāng, yītiáo jiào Huánghé. China mempunyai 2 sungai besar, 1 bernama Changjiang, 1 bernama Huanghe.
Menggunakan pola 由。。。组成, untuk menyatakan unsur yang terkandung
水 是由一个氧原子和两个氢原子组成的 = Shuǐ shì yóu yīgè yǎng yuánzǐ hé liǎng gè qīng yuánzǐ zǔchéng de. Air terbentuk dari 1 atom Oksigen dan 2 atom HidrogenMemberi penjelasan lebih lanjut dengan pola 不但。。。而且 。。。( tidak hanya ... lagi pula )
他不但是伟大的文学家而且是伟大的思想家 = Tā búdàn shì wěidà de wénxué jiā érqiě shì wěidà de sīxiǎngjiā. Dia tidak hanya seorang penulis besar tetapijuga seorang pemikir besarMenjelaskan sebab atau alasan dengan pola 因为。。。所以 。。。( karena ... maka ... )
因为感冒,所以他没有去上学 = Yīnwèi gǎnmào, suǒyǐ tā méiyǒu qù shàngxué. Karena sakit, maka dia tidak pergi sekolah.Menyatakan tujuan: 为了、为的是 ( wèi le, wèi de shì )
我来北京为的是学习汉语 = Wǒ lái Běijīng wèi de shì xuéxí Hànyǔ. Tujuan saya datang ke Beijing adalah belajar Bahasa Mandarin为 了练习口语,他找了一个中国同学作语伴 = Wèile liànxí kǒuyǔ, tā zhǎole yīgè zhōngguó tóngxué zuò yǔ bàn. Demi latihan bahasa lisan, dia mencari seorang teman China sebagai mitra bahasa
Menyatakan hasil
他到底考上了北大 = Tā dàodǐ kǎo shàngle Běidà. Dia akhirnya diterima di Universitas Beijing.Menyatakan obyek dengan 对。。。来说 ( duì ... lái shuō )
这个问题对我来说并不难 = Zhège wèntí duì wǒ lái shuō bìng bù nán. Problem ini bagi saya tidaklah sulitMenyatakan waktu, tempat, cara suatu aksi dilakukan di waktu lampau dengan 是。。。的 ( shì...de )
他是去年九月来的 = Tā shì qùnián jiǔ yuè lái de. Dia datang pada bulan 9 tahun lalu他是从泗水来的 =Tā shì cóng Sìshuǐ lái de. Dia datang dari Surabaya
我是坐公车来的 = Wǒ shì zuò gōngchē lái de. Saya datang dengan naik bis
Menggambarkan situasi umum dengan 例如、比如说 ( lìrú, bǐrúshuō = misalnya)
他们可能得了其他传染病,例如麻疹或者水痘 = Tāmen kěnéng déle qítā chuánrǎnbìng, lìrú mázhěn huòzhě shuǐdòu. Mereka mungkin terkena penyakit menular lainnya, seperti campak atau cacar air.对大三学生,我们也教生活技能,比如说急救 = Duì dà sān xuéshēng, wǒmen yě jiāo shēnghuó jìnéng, bǐrúshuō jíjiù. Untuk yunior, kami juga mengajarkan keterampilan hidup seperti pertolongan pertama.
Menyatakan situasi yang sebenarnya dengan 其实、说实在的 ( qíshí, shuō shízài de = sebenarnya )
其实他很聪明 = Qíshí tā hěn cōngmíng. Sebenarnya dia pandai.说实在的,我也不想去 = Shuō shízài de, wǒ yě bùxiǎng qù. Sebenarnya, saya juga tidak ingin pergi.
No comments:
Post a Comment