Saturday, February 11, 2017

Manfaat Bahasa Mandarin dalam Bisnis

Les Mandarin Bisnis Purwokerto

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa anak-anak yang mempelajari aksara Mandarin mempunyai IQ yang lebih tinngi dari anak-anak yang tidak mempelajarinya. Tetapi sayang sekali pengajaran bahasa Mandarin pada umumnya kurang menekankan kemampuan membaca dan menulis aksara Mandarin. Dalam mempelajari Bahasa Mandarin untuk bisnis anda justru dituntut untuk memiliki keahlian membaca ( meskipun dalam hati hehe... ), dan menulis ( dengan mengetik /handwriting), karena sekarang kita bisa transaksi secara online dimana saja dan kapan pun.

 

Mungkin selama ini kita terpaku paradigma belajar yang kaku. Misalnya kalau anda ditanya apakah manfaat Bahasa Mandarin bagi anda, sebagian besar orang akan berkata Bahasa Mandarin saat ini penting karena dalam mencari lowongan pekerjaan, semakin banyak perusahaan yang mensyaratkan para pelamar bisa berbahasa Mandarin. Tetapi manfaat Bahasa Mandarin tidak terbatas untuk mencari pekerjaan saja, anda bahkan bisa mencoba mencari peluang bisnis setelah mempelajarinya, asalkan anda cukup pede aja :)


Kali ini penulis melalui studi kasus mencoba menguak manfaat Bahasa Mandarin, khususnya ditinjau dari sudut bisnis. Ada seorang pengusaha industri kecil yang sedang membutuhkan sebuah alat pengemas yang dinamakan Induction Sealer, setelah dia mencari info di Internet, ada sebuah toko di dalam negeri yang menjual alat tersebut dengan harga Rp 4,950,000 , seperti terlihat dalam gambar berikut:



Lalu pengusaha ini meminta info kepada saya, sesungguhnya berapa harga barang tersebut di China. Lalu dengan searching di situs penjual di China yang hanya memakan waktu sekitar 5 menit, saya menemukan penjual disana yang menjual barang tersebut seharga 560 Yuan, atau sekitar Rp 1,064,000 ( 1 yuan setara Rp 1,900 saat penulis artikel ini ).
 
 

Taruhlah ongkos kirim, admin bank, bea cukai dsb memakan biaya Rp 1 juta ( biaya pengiriman dan bea cukai tergantung kelihaian anda dalam memilih shipping company ) , total harga barang tesebut pun masih jauh lebih murah kan? Sebetulnya mau mencari barang yang lebih murah pun ada, tetapi disini saya sudah memperhitungkan popularitas, kredibilitas toko penjual ini. Hal ini bisa dilihat dari review para customer terhadap toko tersebut. Ini adalah salah satu contoh manfaat bisnis yang bisa kita terapkan untuk segala macam barang. Barang apa yang kita tidak bisa dapatkan di China, selama kita punya uang?  Kami mengajar mandarin bisnis bukan hanya teori/ percakapan saja, namun dengan contoh praktek real yang bisa diaplikasikan.

Bagi saya manfaat Bahasa Mandarin adalah untuk menemukan peluang bisnis dan kesehatan. Bagaimana dengan anda?  Tinggalkan komentar anda

No comments:

Post a Comment