Tuesday, January 17, 2017

Cara Menulis Huruf Mandarin


Cara Belajar Menulis Karakter Mandarin

Menulis hutuf Mandarin pada umumnya dianggap sebagai hal yang paling sulit dalam mempelajari Bahasa Mandarin, terbukti ada sebagian murid yang hanya ingin belajar conversation saja, dan tidak ingin belajar menulis. Mungkin juga anda telah membeli buku pedoman untuk penulisan Hanzi, tapi masih kesulitan juga untuk mempelajarinya. Kami hadir untuk membantu anda, bahkan dengan cara yang gratis dan lebih mudah dari yang pernah anda bayangkan sebelumnya. Silakan simak artikel ini.


Menurut pengalaman saya, hal ini sangat bergantung pada guru yang mengajar. Kalau guru tidak mengerti dan tidak menganggap  ketrampilan menulis ini sebagai kemampuan yang harus dipelajari, anda akan kehilangan sebuah kemampuan penting dalam mempelajari sebuah bahasa, karena pada dasarnya kita mempelajari sebuah bahasa mencakup empat kemampuan penting, yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis.

Asalkan teknik menulis diajarkan dari awal dengan cara yang benar, kemampuan menulis  tidak perlu ditakuti bahkan akan disenangi oleh murid. Kalau murid sudah senang menulis huruf Mandarin, maka minatnya untuk belajar Bahasa Mandarin sudah mulai terbuka lebar dan ketrampilan yang lain niscaya tidak akan terlalu sulit untuk dipelajari. Berikut adalah contoh tulisan salah seorang murid kami yang baru belajar 3 bulan di tempat kami. Kalau anda perhatikan, dia tidak memerlukan saya lagi untuk menuliskan contoh dari masing-masing karakter yang akan dilatih menulis, dengan kata lain dia sudah bisa mandiri untuk belajar menulis dan saya hanya perlu untuk mengoreksi tulisannya apakah sudah benar. Dan murid yang demikian akan bisa bertahan lama dalam belajar Bahasa Mandarin dalam jangka panjang!





Untuk mempelajari penulisan huruf Mandarin ( Hanzi ) dengan baik, kita harus memulainya dengan mempelajari macam-macam goresan pembentuk Hanzi yang totalnya berjumlah 36 macam, beserta arahnya. Setelah menguasai semua macam goresan ini, anda sudah dapat menghitung sebuah Hanzi manapun terdiri atas berapa jumlah goresan. Sebelum adanya kamus elektronik seperti app yang bisa di install di smartphone,  kemampuan menghitung goresan ini sangat penting karena jaman dahulu cara kita mencari sebuah Hanzi dalam kamus adalah dengan cara menghitung  jumlah goresannya, dan apabila anda salah menghitung jumlahnya, entah itu kurang atau lebih, maka hanzi tersebut tidak akan anda temukan dalam kamus.

Setelah anda mampu menghitung jumlah goresan dengan benar, tahap berikutnya adalah mempelajari urutan goresan, goresan mana yang harus ditulis terlebih dahulu dan mana yang kemudian. Tentunya diawali dengan Hanzi yang terdiri dari satu bagian ( One-part  character ), semisal: 大、了、乙 dsb; baru diikuti oleh Hanzi yang berstruktur lebih kompleks, misalnya: top- bottom (mis: 忠 );top-middle bottom (mis: 意);left right (mis: 加);left- middle-right (mis:谢); wrap –around structure yang masih dibagi lagi menjadi 7 macam, tergantung dari bagian goresan yang  membentuk wrap-around structure tersebut.

 

Cara Penulisan Huruf Mandarin Yang Benar

Sewaktu saya kecil mengambil kursus Mandarin, guru menghabiskan waktu pelajaran hanya untuk menjelaskan proses urutan penulisan Hanzi ini. Terima kasih dengan berkembangnya teknologi, proses ini sudah bisa dipelajari secara online , salah satunya adalah melalui website saya ini. Jadi dengan memanfaatkan character animation yang ada di sini, saya sudah membantu anda untuk menghemat sehingga anda tak perlu lagi membeli buku-buku yang menjelaskan urutan goresan huruf mandarin. Foto berikut adalah contoh salah satu buku saya yang menjelaskan urutan goresan huruf Mandarin.



Cara penulisan huruf Mandarin



Urutan goresan mandarin onlone

 

Cara penulisan huruf Mandarin Online




https://www.youtube.com/watch?v=KgALuG5Dz3c 
Tentunya kita mempelajari penulisan Hanzi memulainya dengan model karakter/ font kai (楷体), karena bentuk font inilah yang paling mirip dengan tulisan tangan. Kalau anda  kurang  paham manakah yang dimaksud  font kai itu, semua animasi karakter di website saya menggunakan  font tersebut, jadi jangan membeli buku yang mengajarkan cara penulisan Hanzi dengan menggunakan font lain, karena hanya akan membingungkan anda sendiri. 

Terlalu banyak hal yang harus disampaikan mengenai cara menulis Hanzi yang benar dalam satu artikel ini, apabila anda berminat mempelajari penulisan dengan cara yang efektif dan benar sehingga anda bisa mengingatnya kembali dengan mudah, daftarkan anda untuk mengikuti kursus singkat menulis Hanzi


Setelah membaca artikel ini, apabila anda masih merasakan menulis Hanzi adalah hal yang sulit, tinggalkan komentar anda.

No comments:

Post a Comment