Wednesday, August 14, 2019

Cara Melatih Pelafalan Mandarin yang Standar

Bagaimana cara melatih pengucapan Mandarin yang akurat?


Seringkali dalam memilih tempat kursus ataupun guru yang profesional, calon pembelajar mengabaikan salah satu faktor terpenting dalam mempelajari Bahasa Mandarin, yaitu bagaimana melatih pengucapan sekaligus dengan intonasi yang benar. Padahal untuk berkomunikasi dengan lancar terutama dengan native speaker anda dituntut mempunyai kemampuan dalam hal ini. Posting kali ini saya akan mengajarkan cara praktis yang dapat anda terapkan di rumah tanpa guru sekalipun. 


Pelafalan Mandarin yang benar

 

pengucapan dan intonasi mandarin yang standar


Berbekal pengalaman mengajar lebih dari 18 tahun dengan dua metode (Traditional & Simplified ) dan sebagai interpreter, tentunya saya mengetahui dengan jelas pelafalan bagaimanakah yang baik, bahkan saya dapat membedakan seorang native speaker itu berasal dari China ataupun Taiwan. Kemampuan ini sangatlah penting kalau anda ingin berbicara tanpa kendala dan ingin agar lawan bicara langsung mengerti maksud anda. Tetapi anehnya mengapa kemampuan ini justru diabaikan di sekolah formal sekalipun, padahal untuk meningkatkan kemampuan ini anda hanya sekedar butuh modal kuota dan google translate. Tetapi kalau guru anda sendiri tidak PD dengan pelafalannya meskipun sudah berkuliah di China, jangan berharap anda bisa memiliki kemampuan ini.


Sulitkah menguasai pelafalan Mandrin yang Standar? 


Dari semua guru yang saya kenal, memang tidak semuanya mempunyai kemampuan pelafalan yang baik, bahkan guru native pun tidaklah sesempurna yang saya bayangkan. Mengapa? Karena mereka mempelajari Bahasa Mandarin sebagai mother language sedangkan kita mempelajarinya sebagai second language. Sebagai mother language, guru native terkadang tidaklah mengetahui dengan tepat nada dari setiap kata yang dia ucapkan, hal ini disebabkan karena mereka dahulu cara belajarnya cukup dengan cara meniru saja, tidak perlu tahu masing-masing karakter bernada berapa. Oleh karena itu tidaklah heran apabila anda suatu saat berkomunikasi dengan seorang native, dan anda mendapatinya dengan aksen yang agak kacau. 

Akan lain halnya apabila kita mempelajarinya sebagai second language, dan apabila anda yang ingin belajar dengan benar, tentunya ingin mengetahui nada dari setiap karakter yang anda baca atau ucapkan bukan? Kecuali kalau anda belajar secara asal bisa saja, ataupun mungkin guru anda dalam mengajar tidak mementingkan nada sama sekali karena dia sendiri tidak menguasainya dengan baik. Hal yang demikian sudah umum saya jumpai di sekolah formal sekalipun. Oleh karena itu, saya sangat menganjurkan anda untuk belajar pada guru yang menguasai dalam hal ini, dan tentunya anda bisa menguasai kemampuan ini dengan baik apabila anda belajar dengan kami.

Sekalipun anda sudah hafal masing-masing nada dari 3500 karakter yang harus dikuasai untuk mampu membaca zhongwen bao ( koran berbahasa Mandarin ) itupun belum cukup, mengapa? Karena kalau anda membaca atau mengucapkannya sesuai dengan nada aslinya, maka akan terdengar sangat kaku, oleh karena itu anda perlu tahu juga kapan terjadi perubahan nada. Disamping itu anda juga harus tahu dimana letak jeda dan bagian mana saja yang harus dibaca dengan penekanan. Oleh karena itu, menguasai kemampuan ini tidaklah mudah, dan banyak guru yang belum menguasainya sudah berani menjadi guru :)




Apabila anda menguasai pembagian unsur kalimat seperti di gambar di atas, tentunya anda akan lebih mengerti untuk membacanya dengan jeda dan penekanan yang tepat bukan? 

Untuk menguasai kemampuan pelafalan Mandarin dengan baik, anda tidak bisa belajar hanya dengan cara meniru saja ucapan sang guru, tanpa mengetahui kaidah yang berlaku di dalamnya. Selain itu anda juga harus menghafal banyak perbendaharaan kata yang bagian akhirnya telah diubah menjadi nada netral, seperti misalnya:
  • 时候 cukup diucapkan sebagai "shíhou" tidak perlu diucapkan sesuai nada masing-masing karakter "shíhòu"
  • kata-kata reduplikasi dengan karakter yang sama, bagian akhirnya sebagian besar juga harus diucapkan sebagai nada netral, seperti 谢谢 cukup diucapkan sebagai  xièxie  
  • kata-kata yang keduanya bernada tiga, bagian depannya harus dibaca sebagai nada kedua, seperti 可以, menjadi kéyǐ. Tetapi kalau dalam sebuah kata atau kelompok kata terdiri lebih dari dua karakter yang bernada tiga, semisal 展览馆,ini yang agak tricky. Mau tahu jawabannya? Tinggalkan komentar di bawah.
dan masih banyak aturan lain yang mengakibatkan setiap karakter tidak dibaca sebagai nada aslinya, sehingga memang agak menyulitkan kalian yang ingin bertutur kata layaknya seorang native.


Bagaimana Google Translate bisa membantu kita?


Kalau anda memperhatikan google translate di smartphone anda, app ini menyediakan fasilitas untuk kita dapat menginput text melalui mic/ suara ( Voice Recognition ). Apakah anda sudah memanfaatkan tool canggih yang gratis ini? Paling tidak app ini bisa membantu anda untuk mengetahui apakah penuturan anda bisa dimengerti dan dikonversi menjadi text yang benar. Sejauh pengalaman saya, fasilitas ini mempunyai keakuratan yang cukup tinggi, sehingga untuk menginput text anda tidak harus dengan cara mengetik tetapi cukup mengucapkannya saja. Penguasaan pelafalan yang baik akan sangat membantu pekerjaan anda kelak khususnya dalam membuat dokumen tanpa mengetik dan meningkatkan efisiensi pekerjaan anda.


Speech to text Mandarin


Selain memanfaatkan google translate, anda bisa juga memanfaatkan situs yang khusus dibuat untuk keperluan ini yaitu speechtexter.com untuk membuat dokumen yang lebih panjang. Berikut adalah video trial saya dengan situs speechtexter yang cukup akurat dalam mengkonversi ucapan anda ke dalam text mandarin. 



Hanya ada 2 kesalahan yang terlihat:
1. 寄信 yang kedua tertulis 记性
2. 4 karakter terkhir harusnya tertulis 快很多倍, bukan 会很多会

Menurut analisa saya kesalahan ini disebabkan oleh 2 hal:
1. Saya hanya memakai mic internal dari laptop sehingga background noise cukup mengganggu karena kecil kemungkinannya saya mengucapkan satu kata dengan cara yang berbeda bukan?
2. karakter 会 mempunyai 2 cara baca: huì dan kuài

Cermatlah dalam memilih guru Mandarin yang baik. Salah memilih guru akan menyebabkan proses pembelajaran anda sia-sia dan pastikan guru anda memiliki kemampuan pelafalan layaknya seperti seorang native namun mampu mengajarkan Bahasa Mandarin sebagai second language.

No comments:

Post a Comment